IDUL FITRI DI MEKKAH

Ada pengalaman dan cerita ketika saya dan keluarga merasakan suasana malam menjelang Idhul fitri di Mekkah yang sangat berbeda sekali dengan kebiasaan yang dilakukan di Indonesia.

Berikut cerita dan fotonya saat di Mekkah.

Suasana disekitar Mekkah saat bulan ramadhan


Saat di miqot,,,bersuci dan mulai memakai kain ihram.


Saya sekeluarga sehabis melakukan tawaf.


Ini saat berada diluar Masjidil Haram,banyak burung disini.


Saya sekeluarga merasakan hari raya lebaran/ idhul fitri di MEKKAH,ketika tidak mudik ke tanah air pada tahun 2008 lalu, enak sekali dan ingin kembali lagi ke MEKKAH lagi.

Pada saat berangkat ,,,,tepat waktunya 3 hari menjelang hari raya idhul fitri, jadi saya sekeluarga bisa merasakan puasa diperjalanan dan puasa disaat umroh juga bisa tahu suasana malam sebelum hari raya idhul fitri di MEKKAH.

Ketika diperjalanan siiihh,,,anak-anak saya santai aja sama seperti tidak lagi puasa saja,,,,tidak gerundel tidak mengeluh sedikitpun,,,,paling ya cuma pada tidur supaya waktu buka puasanya terasa cepat.

Begitu sampai di miqot saya sekeluarga langsung pada mandi/bersuci dan memakai kain ihram bagi suami dan Dimas anak saya, tetapi saya dan Almas memakai abaya hitam dan kerudung hitam seperti biasa.

Begitu tiba di MEKKAH langsung umroh,, selesai tawaf tuh,,,anak saya Dimas merasa haus padahal sudah jam 3 sore tanggung loh sebentar lagi buka puasa,,eeeeh,,,batal puasanya karena kehausan jadi minum,,,, si Dimas batal puasanya.

Kemudian setelah Dimas minum , melakukan sai dari bukit Safa ke bukit Marwa ,,,,alhamdulillah lancar. Lalu saya sekeluarga menginap di hotel MEKKAH.

Malamnya, saya dan suami keluar hotel untuk membayar zakat fitrah di posko pinggir jalan dekat MEKKAH,,,,dan tidak mendengar suara takbiran looooh,,,,seperti di INDONESIA yang sudah pada takbiran di masjid,, dan keliling jalan dengan membawa obornya.

Pagi sebelum subuh saya sekeluarga berangkat menuju Masjidil Haram untuk sholat subuh sekalian sholat idhul fitri.

Pada saat 10 menit sebelum sholat idhul fitri dimulai,,,,barulah bertakbiran hingga waktunya sholat idhul fitri dilakukan. Saya sekeluarga menunggu sampai ceramah selesai, kemudian kembali ke hotel lagi.

Wah beda sekali ya,,,,suasananya kalau idhul fitri di MEKKAH.





v>
Share this video :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY MEMORIES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger